Posted by : Arriqo Arfaq Selasa, 11 November 2014

Rasulullah Muhammad SAW hidup antara tahun 570 hingga 632, dimana tak seorangpun, baik sebelum beliau, ataupun 12 abad setelahnya, mengetahui apapun gerakan horizontal lithosfer bumi, peranan gunung sebagai stabilisator. Rasulullah bersabda “Tatkala Allah menciptakan bumi, ia bergoyang dan menyentak, lalu Allah menstabilkannya dengan gunung” ( H.R Ahmad ).
Sumber : http://webctfatimah.files.wordpress.com/2010/09/milikfatima4.jpg?w=490

Dan kamu lihat gunung-gunung itu , kamu sangka ia tetap pada tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan, begitulah perbuatan Allah yang membuat kokoh tiap-tiap sesuatu.” (QS. Al Naml : 88 ). Pemikiran ilmu geologi, atau persepsi dari Al Qur’an dan Hadist, adalah penting untuk memberikan informasi latar belakang yang menggambarkan dimana geologi sekarang dan bagaimana sampai ke kondisi sekarang. Ilmu geologi sebagai ilmu pengetahuan dimulai kurang dari 200 tahun yang lalu. Meskipun adanya berbagai persepsi geologis yang bisa ditelusuri kembali ke Aristoteles lebih dari 2000 tahun yang lalu.
Setidaknya dua kali gempa tercatat dalam riwayat hadits Nabi.Yang pertama di Mekah dan kedua di Madinah. Pertama, Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Kuzaimah, ad-Daruquthni, dan lainnya dari Utsman bin Affan bahawa dia berkata, "Apakah kalian tahu Rasulullah pernah berada di atas Gunung Tsabir di Mekah.Bersama beliau Abu Bakar, Umar dan saya. Tiba-tiba gunung bergoncang hingga bebatuannya berjatuhan. Maka Rasulullah menghentakkan kakinya dan berkata: Tenanglah Tsabir! Yang ada di atasmu tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang Syahid.”
Kedua, Hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata: “Nabi naik ke Uhud bersamanya Abu Bakar, Umar dan Utsman. Tiba-tiba gunung bergoncang. Maka Nabi menghentakkan kakinya dan berkata: Tenanglah Uhud! Yang ada di atasmu tiada lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang syahid.” Di antara pelajaran besar dalam dua riwayat di atas bahawa ternyata gunung tidak layak bergoncang saat ada 4 manusia terbaik di atasnya. Nabi harus menghentakkan kaki dan mengeluarkan perintah kepada gunung untuk menghentikan guncangan tersebut.
Kemajuan teknologi peralatan canggih yang diperlukan untuk memperoleh umur batuan, terutama sangat berkembang sejak tahun 1940-an. Apa yang dikatakan beberapa ayat dari berbagai bagian Al Qur’an dan Hadist mempunyai implikasi yang menarik. Informasi dari Al Qur’an menunjukkan rincian baik mengenai struktur bumi maupun mengenai gerakan lempeng kontinen. Dalam satu ayat, Al Qur’an menyatakan “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap” (QS. Al-Baqarah: 22 ).Hal-hal berikut yang ditunjukkan oleh ayat ini :
1)      lapisan atas bumi, atau kerak bumi, sama dengan suatu hamparan pelindung
2)      Lapisan atas bumi adalah relative tipis terhadap bagian dalam
3)      Demikian pula kerak bumi yang melindungi kehidupan dari panas didalam bumi
Dan dia menancapkan gunung-gunung dibumi,supaya bumi ini tidak goncang bersama kamu. Dan dia menciptakan sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk” (QS. An- Nahl: 15) Ayat-ayat ini menunjukkan hal-hal berikut :
1)      Terdapat gerakan terus-menerus benua-benua
2)      Pembentukan gunung dikaitkan dengan gerakan ini
3)      Gunung distabilkan dengan turun kelapisan astenosfer
4)      Bahan plastis (lentur) terdapat dibawah kerak bumi, karena ia menjadi tidak stabil, tanpa efek menurun ( sinking effect )

Ayat-ayat ini memberikan indikasi mengenai struktur bumi dan gerakan lempeng tektonik.Kerak bumi dan karakteristik strukturnya. Pada abad ke 19 Ahli-ahli geologi tidak mempunyai teori yang koferhensif untuk menjelaskan proses ini, mengaitkannya dengan gerakan kontinen sampai paro terakhir abad kedua puluh.

Referensi:
Thayyarah, Nadiah.2013.Buku Pintar Sains Dalam Al Quran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah. Jakarta: Zaman Press.
Haqqi, Abdurrahman.2010.Fungsi Gunung-Ganang Menurut Al Quran (sumber) (http://www2.bharian.com.my/bharian/articles/UlulAlbab_Fungsigunung-ganangmenurutal-Quran/Article/) (diakses 22 Oktober 2014, 19.23 WIB)
________.2010.Fungsi Gunung Api dalam Al Quran (sumber) (http://nuurislami.blogspot.com/2010/11/fungsi-gunung-dalam-al-quran.html/) (diakses 22 Oktober 2014, 19.33 WIB)
_________.2013.Sejarah Ilmu Bumi (Geologi). (sumber) (http://pengetahuangeologi.blogspot.com/2013_02_01_archive.html) (diakses 23 Oktober 2014, 19.52 WIB)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BRENT Crude Oil

Gold Price

Popular Post

Blogger templates

Date

- Copyright © Young Geoscience -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -